Ciri Khas Desain Rumah Minimalis


Desain RumahMinimalis
Ciri khas Desain Rumah Minimalis  adalah pada karakter kesimpelannya. Desain rumah minimalis lebih berfokus pada pembatasan jumlah perabot sehingga lebih sedikit, tetapi dengan penekanan kualitas yang lebih tinggi bukan malah memenuhi ruang dengan berbagai  jenis perabotan.
Para praktisi desain interior khususnya yang bertekun dalam gaya minimalis, telah mendefinisikan makna dari desain rumah minimalis, dan kemudian menemukan bahwa karakter rumah minimalis punya tingkat tertentu pada tingkat keminimalisannya.
Prinsip Model Desain Rumah Minimalis
Secara umum karakter dari desain rumah minimalis adalah 1. Lebih menekankan kualitas daripada kuantitas, pada dekorasi dan furniturenya. 2. Memiliki bidang permukaan yang jelas atau dinding kosong, tidak banyak ornament. 3. Pemilihan elemen dekorasi yang sangat cermat. Lebih menekankan pada fungsi dan bukan sekedar hiasan.
Berdasarkan tingkat minimalis-nya, karakter tersebut telah dibagi menjadi beberapa prinsip yaitu Minimalis Ekstrim, Minimalis Sedang, dan Minimalis Ringan.
Prinsip Minimalis Ekstrim
Hanya menempatkan mebel-mebel dasar. Hampir tidak ada penambahan dekorasi atau hiasan. Semua permukaan telanjang – bersih. Tidak tertutupi oleh elemen lain baik pada dinding, lantai dan plafond. Penempatan Lampu dan elemen fungsional lainnya yang kecil dan tidak mengganggu. Tidak ada karpet atau furnishing ekstra jika terlalu diperlukan, dan terkadang ada tirai putih sederhana, itupun jika memang dibutuhkan. Cukup telanjang dan mencolok.
Prinsip Minimalis Sedang
Terdapat tambahan furniture sederhana namun dengan karakter yang simpel dan tidak dominan, misalkan sebuah meja samping yang terbuat dari peti kayu. Memiliki dekorasi yang sederhana juga – bisa berupa kanvas kosong tergantung di atas tempat tidur. Semuanya perlengkapan memiliki tempat, tetapi ditampilkan secara tersembunyi di laci dan rak. Terdapat sentuhan kecil yang memberi pengaruh pada seluruh ruangan dan meningkatkan suasana seperti lampu gantung besar dan karpet yang terselip di bawah tempat tidur. Permukaan dinding terlihat cukup jelas dan dominan, tapi ditambahi dengan dekorasi kecil, dan biasanya hanya satu pada masing-masing bidang.
Prinsip Minimalis Ringan
Skema Warna masih sederhana tapi sudah berani bermain dengan warna lain yan tetap lembut dan cozy. Permukaan dinding sudah tidak sangat bersih. Sudah terdapat elemen dekorasi yang lebih bervariasi tetapi juga tidak berantakan. Ada ruang terbuka dan penyisihan untuk dinding kosong. Mulai terdapat elemen-elemen furniture lain sebagai tambahan dekorasi.
Demikian sekilas pembagian ciri-ciri pada interior desain rumah minimalis. Terapkan yang paling cocok untuk Anda. Semoga pedoman di atas berguna bagi Anda dalam mengeskpresikan gaya minimalis di rumah Anda.